Saturday, February 2, 2019

Perbedaan Partisi MBR dan GPT




Mengetahui tipe partisi harddisk sebelum menginstall windows memang sangat perlu karena bisa saja windows yang kita miliki tidak support sehingga tidak bisa di install. Saat ini terdapat dua macam partisi yaitu, MBR dan GUID. Apasih perbedaannya? 

Apasih MBR itu?

MBR merupakan singkatan dari (Master Boot Record), MBR adalah tipe partisi yang spesial yang dimana dari boot sector ketika hardisk komputer pertama kali di partisi. Maka, MBR-lah yang memegang informasi mengenai logical partition, yang juga berisi file system, dan yang juga mengatur system tersebut

MBR sendiri sudah terkonsep sejak tahun 1983. System MBR ini hanya dapat men-support maksimum penyimpanan harddisk sebesar 2 TB saja. Seperti yang kita tahu bahwa penyimpanan sekarang sudah banyak yang melebihi kapsitas 2 TB, maka dari itu beberapa proses dari MBR ini sudah mulai digantikan dengan konsep GPT (GUID Partition Table) yang kebanyakan sudah digunakan di komputer baru. Untuk menyesuaikan dengan sistem yang lama, GPT dapat digunakan berdampingan dengan MBR.

Singkatnya, MBR adalah informasi yang terletak pada sektor pertama pada setiap harddisk
yang mengidentifikasikan bagaimana, dan di lokasi mana sebuah sistem operasi disimpan. Sehingga sistem operasi dapat berjalan di ruang penyimpanan atau RAM.

Apasih GPT itu?

GPT Merupakan singkatan dari (GUID Partition Table), sebenarnya GPT masih merupakan bagian dari EFI System, yang mana GPT ini mendefinisikan standart dari layout tabel partisi pada harddisk yang menggunakan Global Unique Identifier (GUID). Karena masih banyaknya kekurangan dan keterbatasan yang dimiliki MBR, banyak perangkat komputer yang mulai beralih ke konsep GPT.

Berbeda dengan MBR, yang dimana support media penyimpanan maksimum hanya 2 TB. Seperti yang kita tahu saat ini media penyimpanan sudah melebihi 2TB dan akan terus meningkat, maka dari itu kapasitas pentimpanan yang bisa disupport oleh GPT bisa sampai 9ZB (Zetta Byte) dengan dukungan partisi primary yang bisa mencapai 128 partisi.

Bagaimana membedakan MBR dan GPT?

Perbedaan dari MBR dan GPT yaitu :

  1. MBR hanya mendukung kapasitas penyimpanan hingga 2TB saja, sedangkan untuk GPT mendukung kapasitas penyimpanan hingga 9ZB atau setara dengan 9000TB.
  2. MBR hanya dapat dibagi menjadi 4 partisi, sedangkan GPT bisa sampai 128 partisi harddisk.
Berikut adalah contoh dari partisi MBR dan GPT.

Contoh partisi MBR



Contoh Partisi GPT

Baiklah sekian penjelasan dari perbedaan MBR dan GPT, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

No comments:

Post a Comment

Cara Aktivasi Windows 8 & 10

Selamat datang dan berjumpa lagi dengan Si Tikus Komputer . Kali ini saya akan membagikan tips “ Cara Aktivasi Windows 8 & 10 ...