Tuesday, March 5, 2019

Tips Merawat Printer Pribadi dan Kantor Agar Awet





Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya printer? Yang mana salah satu hardware output yang sangat penting untuk mencetak dokumen maupun tugas. Bicara soal merawat hardware output yang satu ini memang susah gampang karena bila pemakaiannya asal-asalan akan membuatnya menjadi tidak awet dan juga mudah rusak. Untuk itu sayaakan membagikan tips bagaimana merawat printer anda sesuai pengalman saya.

1. Jangan memaksa printer diluar batas kemampuan

Tips pertama jangan menggunakan printer diluar kemampuan printer itu sendiri merupakan tindakan yang salah. Bahkan bisa menjadikan printer cepat rusak dalam seketika. Baik berupa setting printer yang terlalu sering di setting menjadi high. Inilah salah satu penyebab printer mudah rusak, terutama di bagian head printer. Jadi jangan sering-sering mensetting printer dengan settingan high.

2. Jangan membiarkan printer terlalu lama

Tips yang kedua yakni selalumenggunakan printer secara berkala. Jangan membiarkan printer menganggur terlalu lama, bila printer anda biarkan terlalu lama akan menyebabkan tinta yang berada di cadridge menjadi kering dan membuat aliran tinta menjadi terhambat bahkan membuat cadridge tidak keluar tinta sama sekali. Lakukan printing full colour minimal 2 kali dalam satu minggu untuk menghindari tinta kering.

Lakukan cleaning berkala pada printer serta jangan terlalu berlebihan

Untuk anda yang sudah sering menggunakan printer, mungkin anda tidak kesulitan lagi untuk memaintenance sebuah printer. Cleaning printer dilakukan ketika tinta yang dikeluarkan kurang lancar maupun bergaris. Perlu di ingat, jangan terlalu sering melakukan cleaning printer terus menerus. Karena akan menyebabkan head akan cepat panas dan akhirnya rusak. Jadi lakukan cleaning seperlunya saja jangan terlalu berlebihan.

3. Jangan sering terlambat untuk mengisi tinta printer

Salah satu yang sering di lakukan oleh setiap pengguna printer, selalu telat dalam hal mengisi tinta karena tidak mengecek tinta sebelum melakukan printing baik sengaja atau tidak sengaja. Bila anda terlalu sering telat mengisi tinta printer anda maka resikonya berada di head/cadridge akan panas dan akhirnya tidak mau mengeluarkan tinta lagi.Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu untuk selalu mengecek tabung tinta printer sebelum memulai printing.

4. Matikan printer bila tidak dipakai

Hal ini termasuk hal yang penting, karena selain menghemat listrik juga mencegah terjadinya short atau naiknya daya  secara tiba-tiba pada printer ketika tidak dipakai.

5. Lakukan reset pada printer

Jika penggunaan sesuai dengan petunjuk manual, kemungkinan setelah print mencapai 1000 lembar printer akan meminta reset. Hal ini sudah wajar terjadi pada semua jenis printer, tidak perlu sampai ke service center untuk memperbaikinya. Anda juga bisa menreset printer sendiri bila anda mau belajar.

Baca juga :

Demikian postingan mengenai cara merawat printer ini. Semoga membantu anda untuk merawat printer anda agar awet.

No comments:

Post a Comment

Cara Aktivasi Windows 8 & 10

Selamat datang dan berjumpa lagi dengan Si Tikus Komputer . Kali ini saya akan membagikan tips “ Cara Aktivasi Windows 8 & 10 ...